Begini Outlook IHSG Setelah Kenaikan BBM Bersubsidi?!

Begini Outlook IHSG Setelah Kenaikan BBM Bersubsidi?!

Bluepoin.com – Indeks saham di Asia Jumat (2/9) di tutup beragam (mixed) dengan kecenderungan melemah seiring dengan makin kuatnya ekspektasi kenaikan suku bunga dengan fokus perhatian tertuju pada data pasar tenaga kerja AS (Non-Farm Payrolls) yang akan di rilis nanti malam.

 

JIka data NFP ternyata keluar lebih tinggi dari 300,000, maka kemungkinan besar akan memperkuat kecenderungan bank sentral AS (Federal Reserve) untuk menaikkan suku bunga Federal Fund rate (FFR) sebesar 75 bps pada pertemuan kebijakan mereka bulan ini.

 

Minggu ini, data ISM Manufacturing Index, Initial Jobless Claims dan Employment Change memberi indikasi bahwa ekonomi AS berada dalam kondisi yang cukup sehat di tengah kenaikan suku bunga dan tingginya tingkat inflasi.

 

Semua data ini memberi Federal Reserve ruang yang lebih besar untuk memperketat kebijakan moneter dengan para pejabat Federal Reserve berlomba-lomba menyuarakan komitmen mereka mengalahkan inflasi meskipun akan mengakibatkan resesi.

 

Di pasar komoditas, harga minyak mentah anjlok 3% semalam sebelum akhirnya memperkecil penurunan hari ini akibat ketakutan kebijakan pembatasan COVID-19 di Tiongkok dan pertumbuhan ekonomi global akan memukul permintaan minyak.

 

Pada hari Kamis, kota Chengdu di wilayah barat daya Tiongkok mengumumkan Lockdown atas 21.2 juta warganya sementara kota Shenzen juga meluncurkan peraturan pembatasan sosial.

Di Eropa, kekhawatiran atas ressesi semakin kuat dengan data manufacturing PMI memperlihatkan bahwa aktifitas sektor manufaktur di zona Euro turun kembali bulan lalu karena konsumen mengurangi belanja mereka seiring dengan melonjaknya biaya hidup.

 

Dari Indonesia secara garis besar IHSG masih bergerak positif, walau ada kemungkinan koreksi jangka pendek. Kenaikan harga BBM secara tidak langsung berisiko mempengaruhi posisi bottom line dari berbagai sektor usaha yang berkemungkinan menurunkan profit margin.

 

Selain itu, efek kenaikan BBM juga akan dirasakan  bukan hanya pihak Pengusaha, UMKM, yang berpotensi menurunkan sedikit indeks Manufaktur Indonesia.

 

Statistik

IHSG: 7,177.179 | +24.075 poin | (+0.34%)
Volume (Shares) : 31.691 Billion
Total Value (IDR) : 13.714 Trillion
Market Cap (IDR) : 9,409.191 Trillion
Saham naik : 230
Saham turun : 279

 

Sektor Penekanan Terbesar

Energi : +1.21%
Industri Dasar. : +0.90%
Kesehatan : +0.70%

 

Berikut Rekomendasi saham Pilihan Hari Ini Senin (05/08) – Bluepoin.

JAST
BUY 108 – 112
TP1 115 – 116
TP2 119 – 120
TP3 124 – 126
SL IF CLOSE <105

You May Also Like

About the Author: bluepoin.com

Bluepoin.com merupakan portal web berita dan artikel daring di Indonesia.