7 Kumpulan Soal Farmasi dan Jawabannya

kumpulan soal farmasi dan jawabannya

Kumpulan soal farmasi dan jawabannya – Farmasi adalah ilmu yang mempelajari tentang obat, mulai dari pembuatan, penggunaan, hingga efek sampingnya. Farmasi juga merupakan profesi yang bertanggung jawab untuk menyediakan, mengelola, dan memberikan informasi tentang obat kepada pasien dan masyarakat.

Untuk menjadi tenaga farmasi yang kompeten, Kamu perlu menguasai berbagai materi farmasi yang meliputi farmakologi, farmakoterapi, farmakokinetik, farmasetika, farmakognosi, biokimia, dan lain-lain.

Salah satu cara untuk mengukur pemahaman Kamu tentang materi farmasi adalah dengan mengerjakan kumpulan soal farmasi dan jawabannya. Kumpulan soal farmasi dan jawabannya dapat membantu Kamu mengasah kemampuan analisis, penalaran, dan pengetahuan Kamu tentang obat dan kesehatan. Soal-soal farmasi juga dapat menjadi bahan persiapan Kamu untuk menghadapi ujian kompetensi atau ukom farmasi yang merupakan syarat untuk mendapatkan sertifikat profesi.

Untuk membantu Kamu belajar lebih efektif, kami telah menyusun kumpulan soal farmasi dan jawabannya yang mencakup berbagai topik dan tingkat kesulitan.

kumpulan soal farmasi dan jawabannya
kumpulan soal farmasi dan jawabannya

Soal Farmasi dan Jawabannya

Berikut adalah soal farmasi dan jawabannya yang dapat Kamu kerjakan sebagai latihan:

1.Apa nama obat antihipertensi yang termasuk golongan ACE inhibitor?

a. Amlodipin

b. Kaptopril

c. Metoprolol

d. Hidroklortiazid

Jawaban: b. Kaptopril

Pembahasan: ACE inhibitor adalah golongan obat antihipertensi yang bekerja dengan menghambat enzim angiotensin converting enzyme (ACE) yang berperan dalam pembentukan angiotensin II. Angiotensin II adalah hormon yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan peningkatan tekanan darah. Dengan menghambat ACE, obat-obat ini dapat menurunkan tekanan darah dengan melebarkan pembuluh darah. Contoh obat-obat ACE inhibitor adalah kaptopril, enalapril, lisinopril, ramipril, dll.

2. Apa nama zat aktif dalam obat antihistamin generik Benadryl?

a. Loratadin

b. Setirizin

c. Difenhidramin

d. Feksifenadin

Jawaban: c. Difenhidramin

Pembahasan: Benadryl adalah nama dagang dari obat antihistamin generik difenhidramin. Obat ini bekerja dengan menghambat reseptor histamin H1 yang berperan dalam reaksi alergi. Obat ini dapat digunakan untuk mengatasi gejala alergi seperti gatal, bersin, hidung tersumbat, mata merah, dll. Obat ini juga memiliki efek sedatif yang dapat menyebabkan kantuk.

3. Apa nama proses pembuatan sediaan padat dengan cara mencampur bahan-bahan kering dan menambahkan bahan pengikat?

a. Granulasi

b. Kompresi

c. Ekstrusi

d. Sublimasi

Jawaban: a. Granulasi

Pembahasan: Granulasi adalah proses pembuatan sediaan padat dengan cara mencampur bahan-bahan kering dan menambahkan bahan pengikat yang berfungsi untuk memberikan kekuatan dan koherensi pada granul. Granul adalah butiran-butiran kecil yang terbentuk dari campuran bahan-bahan kering. Granul dapat digunakan sebagai bahan baku untuk membuat tablet, kapsul, atau sediaan padat lainnya.

Kumpulan Soal Farmasi dan Jawabannya

4.Apa nama tanaman yang merupakan sumber alkaloid morfin?

a. Papaver somniferum

b. Catha edulis

c. Erythroxylum coca

d. Atropa belladonna

Jawaban: a. Papaver somniferum

Pembahasan: Papaver somniferum atau opium poppy adalah tanaman yang merupakan sumber alkaloid morfin. Morfin adalah senyawa yang memiliki aktivitas analgesik (pereda nyeri) yang kuat dan dapat menimbulkan ketergantungan. Morfin juga merupakan prekursor dari heroin, obat terlarang yang memiliki efek lebih kuat dan berbahaya dari morfin.

5. Apa nama enzim yang berperan dalam metabolisme obat di hati?

a. Sitokrom P450

b. Glukuronil transferase

c. Asam amino transferase

d, Lipase

Jawaban: a. Sitokrom P450

Pembahasan: Sitokrom P450 adalah nama kelompok enzim yang berperan dalam metabolisme obat di hati. Enzim-enzim ini dapat mengubah struktur kimia obat menjadi bentuk yang lebih mudah dikeluarkan oleh tubuh atau menjadi bentuk yang lebih aktif atau toksik. Enzim-enzim ini dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti genetik, usia, penyakit, interaksi obat, dll.

Kumpulan Soal Farmasi dan Jawabannya

6. Apa nama parameter farmakokinetik yang menggambarkan volume cairan tubuh tempat obat tersebar?

a. Bioavailabilitas

b. Kelarutan

c. Volume distribusi

d. Waktu paruh

Jawaban: c. Volume distribusi

Pembahasan: Volume distribusi adalah parameter farmakokinetik yang menggambarkan volume cairan tubuh tempat obat tersebar setelah masuk ke dalam sirkulasi darah. Volume distribusi dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti lipofilisitas, ikatan protein plasma, kompartemen tubuh, dll. Volume distribusi dapat digunakan untuk menghitung dosis pemuatan obat.

7. Apa nama sediaan farmasi yang berbentuk larutan alkohol atau alkohol-air yang mengandung zat aktif dari simplisia?

a. Infusa

b. Dekokta

c. Ekstrak

d, Tinktur

Jawaban: d. Tinktur

Pembahasan: Tinktur adalah sediaan farmasi yang berbentuk larutan alkohol atau alkohol-air yang mengandung zat aktif dari simplisia (bahan alam). Tinktur dibuat dengan cara mengekstraksi simplisia dengan pelarut alkohol atau alkohol-air dengan perbandingan tertentu selama beberapa hari atau minggu, kemudian disaring dan disimpan dalam botol gelap.

Demikianlah kumpulan soal farmasi dan jawabannya yang dapat Kamu gunakan sebagai bahan latihan dan belajar. Kami harap Kamu dapat memahami pembahasan yang kami berikan dan mendapatkan nilai yang baik dalam ujian kompetensi atau ukom farmasi. Jika Kamu memiliki kritik, atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

 

You May Also Like

About the Author: Bluepoin

Situs Teknologi dan Informasi Masakini