16 Aspek Tes Karakteristik Kepribadian (Profesionalisme, Orientasi Pelayanan Dan Integritas diri)

16 Aspek Tes Karakteristik Kepribadian / TKP (Profesionalisme, Orientasi Pelayanan Dan Integritas diri)

Bluepoin.com Halooo… Keda-Keda Bluepoin! sebentar lagi ujian seleksi SPMB Sekolah Kedianasan di tahun 2022 akan diadakan! Sudah Siapkah kamu?

Salah satu tes pada SPMB Sekolah Kedianasan ialah SKD yang terdiri dari 3 jenis soal Yaitu 1.TWK ( Tes Wawasan Kebangsaan ) 30 Soal. 2. TIU ( Tes Intelegensi Umum ) 35 soal. 3. TKP ( Tes Karakteristik Pribadi ) 45 soal.

Nah Kali ini kita akan membahas tentang TKP Keda-Keda. Buat kamu yang belum tau apa itu TKP. TKP adalah tes yang akan menguji karakteristik kamu dalam menghadapi persoalan atau masalah yang akan dihadapi.

Berdasarkan panduan yang dirilis dari tahun ke tahun materi utama dalam tes TKP terdiri atas 16 Aspek seperti Pelayanan Publik, Sosial Budaya, Teknologi Dan Informasi , Orientasi Pada Masyarakat, Profesionalisme, Integritas Dan Lainnya, Oh ya Perlu diingat bahwa dalam TKP tidak ada yang namanya jawaban benar atau salah yang ada hanya jawaban baik dan Lebih baik.

Nah, seberapa jauh sih Kemampuanmu dalam menangani masalah?

Berikut adalah 16 materi Test karateristik Pribadi yang akan keluar pada saat test SKD nanti

4. Profesionalisme

Soal TKP ini bertujuan untuk menilai profesionalisme peserta dalam melaksanakan pekerjaan. Ciri-ciri dari soal TKP ini, yaitu :

– Terdapat masalah, gangguan, hambatan atau hal lain yang bersifat personal sehingga pelaksanaan pekerjaan terhenti untuk sementara waktu.

– Permasalahan yang terdapat dalam soal berkaitan dengan dilema antara memilih untuk tetap melaksanakan pekerjaan atau memilih menyelesaikan masalah, gangguan, hambatan atau lain yang bersifat personal tersebut.

selanjutnya lakukan ini untuk memilih jawaban yang benar

 

– Pilihan jawaban berisi tentang berbagai tindakan untuk melaksanakan pekerjaan atau menyelesaikan gangguan, hambatan atau hal lain yang bersifat personal.

– Cara memilih jawaban yang tepat, utamakan pilihan jawaban yang mencerminkan tindakan yang mengedapankan pelaksanaan pekerjaan. Jika terdapat dilema, pertimbangkan alasan yang sangat penting dan sangat mendesak untuk menghentikan pelaksanan pekerjaan tersebut.

 

Contoh soal

Anda sebagai Humas di salah satu Rumah Sakit, ketika anda mendapat keluhan dari salah satu keluarga pasien mengenai penanganan yang kurang baik.

Tindakan yang anda lakukan…..

A. Mencatat keluhan dan menanganinya sendiri
B. Mencatat keluhan dan menyampaikannya keatasan
C. Mencatat keluhan dan menyampaikannya pada rapat divisi humas
D. Mencatat keluhan dan tidak melakukan apa-apa
E. Mengabaikannya

 

Pembahasan jawaban soal TKP profesional :

Kita lihat clue pertama “terdapat hambatan yang bersifat personal “  masalah dalam soal ini adalah ” keluhan keluarga pasien terhadap rumah sakit tempat anda bekerja”

 

Kita lihat clue kedua “berkaitan dengan dilema antara memilih untuk tetap melaksanakan pekerjaan atau memilih menyelesaikan masalah” sebagai seorang humas anda tentu akan mendapatkan keluhan keluhan dari pasien maupun keluarga nya , tapi ingat posisi anda adalah seorang humas dan tidak berhak untuk campur tangan langsung kedalam masalah ini. Nah dari sini sudah kelihatan jelas bahwa ini merupakan soal dengan aspek profesionalisme

Sekarang kita lihat clue ketiga dan keempat untuk mendapatkan jawaban yang paling tepat Dari pernyataan pilih opsi anda sebagai humas sebuah rumah sakit, yang bertugas untuk menerima dan mencatat keluhan.

Jadi jawaban yang paling tepat ialah yang B

 

 

5. Orientasi pada pelayanan

 

Soal TKP ini bertujuan untuk menilai tingkat kepedulian peserta dalam menciptakan produk layanan (barang atau jasa)  yang berkualitas dan memuaskan. Ciri-ciri dari soal TKP yang bertujuan menilai aspek ini, yaitu :

– Permasalahan dalam soal biasanya berkaitan dengan faktor-faktor penghambat dalam menciptakan produk layanan yang berkualitas dan memuaskan.

selanjutnya lakukan ini untuk memilih jawaban yang benar

 

– Pilihan jawaban berisi tentang berbagai tindakan yang dapat dilakukan dalam rangka menangani faktor penghambat tersebut.
– Cara memilih jawaban yang tepat utamakan tindakan yang rasional dan etis dalam menangani faktor penghambat tersebut.    

 

Contoh soal

Dalam suatu pelatihan kepegawaian yang Saya ikuti, ada gerakan 3S, yaitu Senyum, Sapa, dan Salam yang harus diterapkan di seluruh bagian instansi. Saat ini, Saya ditempatkan di bagian front office yang merupakan bagian terdepan di instansi tempat Saya bekerja. Sikap saya setelah pelatihan kepegawaian tersebut adalah …

A. Melakukan seperti yang saya lakukan setiap hari karena khawatir gerakan 3S akan tampak memalukan bagi saya.

B. Saya akan mulai gerakan 3S hanya jika Saya sudah siap.

C. Cukup dengan memasang poster yang bertuliskan gerakan 3S dan artinya, itu sudah membuat semua orang memahami bahwa Saya sudah melakukan anjuran pelatihan tersebut.

D. Menerapkan gerakan 3S seperti yang diajarkan di pelatihan.

E. Menerapkan gerakan 3S seperti yang diajarkan di pelatihan hanya pada saat awal bekerja saja biar seragam dengan bagian lainnya..

 

Pembahasan

Untuk soal seperti ini sudah cukup jelas ya jawabannya, jika tidak jelas coba kita perhatikan lagi cara menjawab soal ini seperti yang diajarkan diatas :

 

– Pilihan jawaban berisi tentang berbagai tindakan yang dapat dilakukan dalam rangka menangani faktor penghambat tersebut.

– Cara memilih jawaban yang tepat utamakan tindakan yang rasional dan etis dalam menangani faktor penghambat tersebut.  

Untuk jawaban A,B.C, dan E jelas telah melanggar salah 1 faktor diatas jadi untuk jawaban yang paing tepat yaitu yang D

 

 

6. Integritas diri

 

Soal TKP ini bertujuan untuk menilai kualitas kepribadian seseorang dalam bersikap jujur, tanggung jawab, tidak korupsi atau tidak melakukan manipulasi/kecurangan. Ciri-ciri soal TKP ini, yaitu :

– Permasalahan dalam soal biasanya terdapat dilema antara memilih mempertahankan integritas diri walaupun menanggung akibat tertentu atau mengabaikan integritas diri agar terhindar dari tanggung jawab tertentu.

 

selanjutnya lakukan ini untuk memilih jawaban yang benar

 

– Pilihan soal berisi tentang berbagai tindakan yang bertujuan untuk merespon permasalahan tentang integritas diri.

– Cara memilih jawaban yang tepat utamakan tindakan yang bertujuan untuk mempertahankan integritas diri walaupun menanggung akibat tertentu.

 

Contoh Soal :

Hampir semua pegawai yang ada di kantor instansi saya meminta uang sebagai tanda terimakasih atas pengurusan surat izin tertentu. Akan tetapi, menurut peraturan kantor, hal tersebut tidaklah diizinkan, maka saya….

A. Ikut melakukannya karena bagaimanapun juga memang kawan-kawan kantor sudah melakukannya.

B. Melakukannya hanya kalau terpaksa membutuhkan uang tambahan dalam memenuhi kebutuhan keluarga karena gaji kantor memang kecil.

C. Kadang-kadang melakukan hal tersebut.

D. Berusaha untuk semampunya untuk tidak melakukan hal tersebut.

E. Tak ingin melakukannya satu kali pun.

 

Pembahasan:

Sebelum menjawab soal ini kalian harus tau apa sih itu integritas .

Menurut KBBI integritas adalah  mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan; kejujuran;

 

Nah dari sini kita bias langsung menyikapi diantara 5 pilihan ini mana sih jawaban yang paling tepat dengan cara jawab

– Pilihan soal berisi tentang berbagai tindakan yang bertujuan untuk merespon permasalahan tentang integritas diri.

– Cara memilih jawaban yang tepat utamakan tindakan yang bertujuan untuk mempertahankan integritas diri walaupun menanggung akibat tertentu.

 

Yups bagi kalian yang menjawab E kalian mendapat 5 poin

 

You May Also Like

About the Author: bluepoin.com

Bluepoin.com merupakan portal web berita dan artikel daring di Indonesia.

6 Comments to “16 Aspek Tes Karakteristik Kepribadian (Profesionalisme, Orientasi Pelayanan Dan Integritas diri)”

  1. A medida que la tecnología se desarrolla cada vez más rápido y los teléfonos móviles se reemplazan cada vez con más frecuencia, ¿cómo puede un teléfono Android rápido y de bajo costo convertirse en una cámara de acceso remoto?

  2. Wow, wonderful weblog format! How long have you been blogging for?
    you make blogging look easy. The full glance of your web site is magnificent,
    as smartly as the content material! You can see similar
    here ecommerce

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *