10 Manfaat Mengkonsumsi Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

10 Manfaat Mengkonsumsi Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Bluepoin.com – Hai sobat pada kali ini saya akan berbagi tips Sehat nii, siapa sih yang gak mau sehat? Tentunya semuanya mau sehat !

Jeruk nipis biasanya dijadikan sebagai pelengkap sekaligus penambah cita rasa pada berbagai makanan, seperti soto, mi ataupun penghilang amis ikan. Aroma dan rasanya asam tapi segar. Jeruk nipis mengandung senyawa kimia yang dapat digunakan sebagai obat. Salah satunya ialah minyak atsiri yang digunakan sebagai bahan antibakteri. Apa aja sih manfaat baik jeruk nipis untuk kesehatan tubuh kita?

 

Berikut ini adalah manfaat bagi kesehatan tubuh kalian, jika menambahkan perasan air jeruk nipis ke dalam air putih untuk dikonsumsi:

 

1. Meremajakan kulit

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid yang merupakan antioksidan untuk memperkuat kolagen. Minum air jerus nipis juga dapat menghidrasi tubuh dan meremajakan kulit. Namun tidak disarankan untuk mengoleskan air jeruk nipis langsung ke kulit Anda.

 

2. Meningkatkan pencernaan

Perasan air jeruk nipis bersifat asam, sehingga dapat membantu air liur memecah makanan untuk pencernaan menjadi lebih baik. Selain itu, kandungan flavonoid dalam jeruk nipis dapat merangsang sekresi cairan pencernaan. Keasaman pada jerus nipis juga dapat membersihkan sistem ekskresi dan merangsang aktivitas usus, sehingga baik untuk mengatasi sembelit.

 

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi seperti virus flu dan pilek. Selain itu, dua kandungan tersebut juga dapat mempersingkat durasi suatu penyakit.

 

4. Menurunkan berat badan

Manfaat lain dari jeruk nipis adalah membantu mengatur berat badan. Kandungan asam sitrat dapat meningkatkan metabolisme serta membantu membakar lebih banyak kalori dan menyimpan sedikit lemak.

 

5. Menurunkan kadar gula darah

Jeruk nipis dapat membantu penderita diabetes unutuk menurunkan kadar gula darah pada tubuh. Memiliki indeks glikemik yang rendah membuat jeruk nipis dapat mengatur tubuh menyerap gula ke dalam aliran darah.

 

6. Menyehatkan jantung

Jeruk nipis merupakan sumber magnesium dan potasium yang baik, sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan kalium yang terdapat di jeruk nipis juga dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah, serta dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

 

8. Mengurangi peradangan sendi

Kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat meredakan gejala radang sendi dan kondisi yang membuat sendi nyeri serta kekakuan sendi. Jeruk nipis juga dapat menurunkan kadar asam urat yang terdapat di dalam tubuh.

 

9. Mencegah batu ginjal

Dilansir dari Medical News Today, mengonsumsi air jeruk nipis dapat membatu mencegah pembentukan beberapa jenis batu ginjal. Kandungan asam sitrat dan vitamin C berperan penting dalam mengurangi risiko terbentuknya batu ginjal di masa depan.

 

10. Meningkatkan konsumsi air

Orang yang tidak mengonsumsi cukup air putih dapat menambahkan perasan jeruk nipis untuk meningkatkan rasa air tersebut, sehingga dapat mendorong  untuk minum lebih banyak air putih.

 

🛠WARNING!!!

JANGAN BERLEBIHAN MENGKONSUMI JERUK NIPIS, KARENA BISA MEMICU ASAM LAMBUNG NAIK DAN JUGA MERUSAK GIGI, GUNAKAN SAJA SECUKUPNYA !!!

You May Also Like

About the Author: bluepoin.com

Bluepoin.com merupakan portal web berita dan artikel daring di Indonesia.